Beberapa Ciri – Ciri Burung Kacer Yang Sedang Sakit dan Cara Penanggulangan Burung Kacer Yang Sedang Sakit

Untuk anda semua pecinta burung, mempunyai burung yang lincah dengan suaranya yang gacor merupakn dambaan bagi setiap orang yang hobi dengan burung. Akan tetapi anda akan merasa sedih ketika melihat peliharaan kesayangan anda tiba – tiba berubah baik secara fisik maupun pola makannya. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang Beberapa Ciri – Ciri Burung Kacer Yang Sedang Sakit . Semua itu diantaranya meliputi : ciri kacer sakit, burung kacer sakit,  burung kacer sedang sakit dan kondisi burung sedang sakit. Maka dari itu simaklah pembahasan sebagai berikut :

Burung Kacer adalah burung kicauan yang sudah banyak dikenal oleh sebagian orang dan juga populer dimanapun, siapa yang tidak mengenal burung kacer yang satu ini. Burung kacer mempunyai suara kicauan yang tidak kalah dibandingkan dengan kicauan burung lainnya pada umumnya.

Akan tetapi, bagi sebagian orang yang memelihara burung kacer sebaiknya harus mengetahui kondisi kacer dalam keadaan baik maupun dalam sedang sakit, karena dapat mempengaruhi suara yang akan dihasilkan burung kacer. Maka dari itu kita harus seringkali melakukan pengamatan kesehatan burung kacer dengan melihat beberapa ciri-ciri burung kacer tersebut dan melakukan pengamatan perubahan-perubahan yang ada pada burung kacer.

Beberapa Ciri – Ciri Yang Menandai Bahwa Burung Kacer Sedang Sakit

  • Perubahan pada bagian mata burung kacer, gejala seperti kelaur cairan putih, mata sayu, kebengkakan pada bagian mata dan juga perubahan pada warna mata.
  • Perubahan pada bagian hidung burung kacer, gejala seperti hidung akan mengeluarkan cairan, dan sering bersin-bersin.
  • Perubahan pada kicauan, gejala seperti burung akan berkicaua tidak bagus dan tidak panjang.
  • Perubahan pada sayap burung kacer, gejala seperti bagian sayap akan jatuh kebawah, lemas, dan tidak berfungsi dengan semestinya.
  • Nafsu makan akan berkurang, dan memiliki gerakan yang cukup lambat.
  • Terdapat ada benjolan pada bagian tubuh tertentu.
  • Penurunan keseimbangan saat terbang seperti biasanya

Berikut ini Beberapa Cara Penanggulangan Burung Kacer Yang Sedang Sakit:

  • Larutan asam boraks

Larutan ini bisa membantu mencuci infeksi pada mata burung. Cukup oleskan sedikit saja namun secara teratur.

  • Tablet arang kaokpetat

Obat yang satu ini berguna untuk mengatasi diare atau mencret pada burung. Feses burung normalnya berwarna putih dan tidak terlalu cair atau padat. Sehingga anda bisa amati dan bedakan mana burung yang mengalami diare dan mana yang sehat-sehat saja.

  • Minyak mineral atau paraffin cair

Obat burung yang satu ini cukup mudah didapatkan. Gunanya adalah untuk mengatasi kutu atau tungau pada burung.

  • Semprotan cair pirethin

Bahan yang satu ini digunakan untuk menghilangkan gatal akibat pencabutan bulu oleh burung yang bersangkutan.

  • Birdcream

Birdcream sangat mudah didapat ditoko-toko khusus burung. Fungsinya adalah untuk mengobati luka yang terinfeksi.

  • Koagulan darah atau puyer stiptik natrium nitrat

Bahan yang satu ini bisa membantu menyembuhkan pendaraahan akibat luka pada burung.

  • Vitamin

Vitamin yang dimaksudkan disini adalah vitamin khusus burung. Vitamin ini bisa anda dapatkan dengan mudah diberbagai tempat yang identik dengan burung. Namun anda harus berhati-hati, pasalnya sekarang banyak vitamin burung yang dipalsukan. Vitamin burung ini berguna untuk mengatasi virus dan bakteri pada burung. Serta memberi kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit berbahaya.

  • Hidrogen peroksida

Bahan yang satu ini sepertinya tidak dijual sembarangan mengingat bahan ini adalah bahan kimia. Jadi, bila anda sangat membutuhkanya anda dapat membelinya di toko khusus yang menjual senyawa kimia. Fungsinya adalah untuk membersihkan luka yang dalam pada burung.

  • Larutan lugol iodine

Bedanya dengan hydrogen peroksida adalah, iugol digunakan untuk mencuci luka saja. Jadi, bila luka yang diderita dalam, disarankan menggunakan hydrogen peroksida saja.

Kami berharap burung kacer kesayangan anda semua akan selalu sehat dan dapat berkicua dengan enerjik. Sekian info dari kami mengenai Ciri – Ciri Burung Kacer Yang Sedang Sakit dan Cara Penanggulangan Burung Kacer Yang Sedang Sakit, apabila ada kesalahan saya mohon maaf, atas perhatian dan partisipasinya dalam mengunjungi web kami, kami ucapkan terima kasih.

Related Post: