Cara Mengatasi Burung Lovebird yang Sakit

Posted on

Bagi Anda pecinta burung tentu sudah tidak asing lagi dengan burung yang satu ini. Burung lovebird, burung yang memiliki tampilan sederhana namun beragam warna ini banyak di gemari orang. Suara ngekeknya yang panjang menjadi ciri khas burung lovebird. Namun bagaimana jika Anda memiliki burung lovebird yang sedang sakit, seperti apa cara mengatasi burung lovebird yang sakit, simak artikel berikut ini.

Burung lovebird kerap mengalami sakit, kondisi ini dikarenakan lovebird adalah burung yang sensitive terhadap lingkungan, terlebih jika perawatannya kurang diperhatikan. Untuk itu bagi Anda yang memelihara burung lovebird sebaiknya lebih memperhatikan kondisi fisik burung lovebird setiap waktu. Penyakit pada lovebird sering terjadi di bagian mata, hidung, sampai bulu, hal ini membuat sebagian orang merasa bingung dalam cara mengatasi burung lovebird yang sakit. Apa lagi ketika musim penghujan seperti sekarang, banyak burung lovebird yang terserang sakit flu/snot. Lebih lengkapnya marilah simak artikel ini Tips dan Cara Mengatasi Lovebird Pilek / Sakit Flu (Snot) Untuk Pertolongan Pertama.

Ketika burung lovebird Anda mengalami gejala-gejala seperti keluar lendir dari mata atau hidung, nafsu makan menurun, banyak minum, tumbuh benjolan kecil, bulu ekor rontok, tidur dengan kepala di dalam sayap, keseimbangan yang tidak stabil, diare, warna kulit menjadi pucat, juga bulu dan ekornya menjadi kusut, artinya burung lovebird Anda sedang tidak sehat. Sedangkan cara mengatasi burung lovebird yang sakit seperti itu adalah dengan langkah-langkah berikut ini :

  1. Untuk lovebird yang mengalami snot atau keluar cairan dari mata lovebird, hal yang harus Anda lakukan adalah memisahkan lovebird dengan burung lain karena penyakit ini dapat menular. Untuk sementara waktu jangan mandikan lovebird, cukup jemur lovebird di pagi hari selama 1-2 jam. Campur mgs big fam pada minuman lovebird sebagai antibiotik, beri obat khusus snot yang bisa Anda beli di toko perlengkapan pakan burung baik berupa oles atau tetes.

Sementara waktu hindarkan dari kangkung, bersihkan kandang lovebird dari kotoran burung menggunakan sarung tangan.

  1. Keluar cairan dari ingus membuat lovebird susah bernafas, hal ini bisa di deteksi ketika burung membuka paruh untuk membantunya bernafas. Cara mengatasi burung lovebird yang sakit  ini Anda harus mencuci bersih sayuran atau buah yang diberikan kepada lovebird. Pisahkan dengan burung yang terinfeksi penyakit ini agar tidak tertular, bersihkan kandang secara rutin, dan beri vitamin burung.
  2. Selalu bersihkan tempat bertengger burung agar lovebird tidak terkena bakteri staphylococcus yang bisa mengakibatkan sisik pada kaki burung melebar, bengkak, dan kuku tumbuh tidak stabil. Jika sudah terinfeksi segera beri obat merah atau obat anti kutu pada kaki lovebird.
  3. Penyakit yang sering terjadi pada burung dan unggas adalah cacar. Cara mengatasi burung lovebird yang sakit cacar dengan membersihkan kandang secara rutin, berikan accblue obat biru untuk membunuh virusnya.
  4. Jika burung lovebird sering mematuk tubuhnya sendiri, kemungkinan lovebird sedang terserang kutu. Cara merawatnya cukup rebus 10 lembar daun sirih menggunakan dua liter air, semprotkan pada burung saat Anda memandikannya.
  5. Jangan menjemur dan memandikan burung terlebih dahulu ketika lovebird mengalami penyusutan pada tubuhnya termasuk dada. Kerodong burung dan berikan obat khusus yang bisa Anda tanyakan di toko penyedia perlengkapan burung.

Kompres kaki lovebird, urut menggunakan minyak setidaknya dua kali sehari saat tiba-tiba mengalami lemas dan tidak mampu bertenggar. Untuk mengatasi burung lovebird yang kotorannya berwarna putih kapur, encer, serta berbau tidak enak, ambil setengah suing bawang putih, potong kecil-kecil lalu campurkan pada pakan burung.

  1. Dinamakan burung lovebird karena burung jenis ini memang agak manja, lovebird tidak bisa hidup sendiri terlalu lama, jadi Anda harus mencarikan pasangan untuk burung lovebird Anda agar tidak mengalami stress yang di tandai dengan mencabuti bulunya sendiri.

Demikian ulasan yang dapat Anda simak mengenai cara mengatasi burung lovebird yang sakit. Kami berharap besar semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda semua yang membacanya, apabila ada kesalahan penulisan dan kata – kata kami mohon maaf, atas perhatian dan partisipasinya dalam mengunjungi web kami, kami ucapkan terima kasih.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *