Cara Merawat Kacer Agar Menang Lomba

Burung kacer adalah burung yang sangat istimewa khususnya bagi Anda yang suka mengikuti kontes kicau burung. Pasalnya burung ini memiliki keunikan yang tidak biasa, burung kacer merupakan burung yang sifatnya petarung sehingga  selalu ramai ketika diadakan kontes burung kacer. Nah, bagaimana cara merawat kacer agar menang lomba. Berikut ini ulasannya :

Melatih mental petarung burung kacer memang cukup sulit, memerlukan ketekunan dan keuletan dalam membentuk karakter petarung sejati. Terkadang burung kacer yang di rumah berkicau lantang namun ketika di perlombaan suaranya menjadi tidak stabil dan bahkan tidak mau berkicau. Untuk itu cara merawat kacer agar menang lomba, Anda harus terlebih dahulu mengenali karakter burung tersebut.

Keunikan lain dari burung ini yakni ekornya yang bisa melebar seperti kipas dan tubuhnya yang terkadang bisa mengembung seperti kuda laut. Banyak orang beranggapan burung yang sering mengembung atau istilahnya mbagong termasuk burung yang jelek. Padahal mengembung adalah sifat asli dari burung kacer.

Faktor yang membuat burung kacer mengembung dan susah berkicau antara lain pemberian ekstra fooding yang berlebihan, mental petarung burung yang kurang sehingga ketika di pementasan burung akan mengembung dan harus di jauhkan dari burung lain terlebih dahulu agar bisa kembali berkicau.

Usia dan jam terbang latihan burung juga berpengaruh kuat, biasanya kacer yang lebih tua memiliki mental petarung yang besar sehingga tidak mudah untuk dikalahkan durasi kicauannya. Akan tetapi burung dengan jam latih lebih banyak dan perawatan lebih baik tidak menutup kemungkinan mampu mengalahkan burung yang lebih senior.

Adapun cara merawat kacer agar menang lomba, perawatan yang dapat Anda lakukan sebagai berikut :

  1. Memilih pakan burung.

Tahap pertama Anda harus mengetahui pakan merek apa yang cocok dengan burung kacer Anda. Pakan burung impor seharga ratusan ribu belum tentu di sukai burung kacer milik Anda.

  1. Mandi rutin.

Burung kacer bukan burung yang suka mandi sendiri, maka dari itu sebagai pemilik Anda harus rutin memandikan burung kacer setiap pagi dan sore. bisa dengan menggunakan cara semprot atau karamba. Tentu lebih efektif karamba, dengan cara ini air yang telah di campur sampo khusus penghilang kutu akan dapat meresap sampai bulu bagian dalam.

  1. Terapi suara.

Cara merawat kacer agar menang lomba yang umum dilakukan adalah mulai dari pengembunan, menggantung kacer di luar ruangan ini dilakukan setiap pagi pada saat sebelum matahari terbit. Selanjutnya penjemuran, tahap ini dilakukan agar kondisi burung tetap segar. Sampai tahap pengerodongan, dimana sangkar di tutup dengan kain berwarna gelap dan diputarkan suara dengan menggunakan MP3. Sebaiknya putar suara air mengalir atau suara alam agar kacer merasa tenang seperti berada di alam bebas. Proses pemasteran ini juga biasa di lakukan pada burung kacer yang stress.

  1. Menjaga stamina dan kesehatan kacer.

Sebagai burung petarung, selain mentalnya harus sering di latih dengan mengikut sertakan kontes tentu satminanya pun harus di jaga. Gunakan suplemen dan vitamin burung dengan takaran secukupnya agar tidak menjadi racun bagi burung Anda. selain itu, cara merawat kacer agar menang lomba yang terpenting adalah melakukan ekstra fooding.

Agar burung kacer merasa di alamnya, lakukan mandi tanah dengan keramba setiap dua minggu sekali. saat proses mandi tanah, taruh jangkrik atau undur-undur yang masih hidup sebagai media ekstra fooding, karena pada dasarnya kacer merupakan burung pemakan serangga.

Sekian info dari kami mengenai Cara Merawat Kacer Agar Menang Lomba, kami berharap besar semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda semua yang membacanya, apabila ada kesalahan penulisan dan kata – kata kami mohon maaf, atas perhatian dan partisipasinya dalam mengunjungi web kami, kami ucapkan terima kasih.

Related Post: