Cara Paling Jitu Berternak Burung Kenari Untuk Pemula

Indonesia memiliki kekayaan flora dan fauna yang sangat beragam. Termasuk jenis burungnya yang bermacam-macam. Sehingga membuat sebuah peternakan burung adalah peluang usaha yang bagus prospeknya. Salah satu jenis burung yang dapat Anda ternakkan adalah burung kenari.

Burung kenari merupakan burung yang banyak diminati oleh para pecinta burung. Sebab bentuknya yang cantik dan suaranya juga merdu. Sehingga burung ini sangat cocok diternakkan berdasarkan banyaknya minat dari pecinta burung. Namun, ada hal-hal yang harus Anda perhatikan dalam berternak burung kenari.

Untuk itu, artikel ini akan memberikan informasi mengenai cara paling jitu berternak burung kenari untuk pemula. Sehingga dalam berternak kenari Anda bisa menghasilkan keuntungan yang besar. berikut ini adalah ulasannya:

  1. Cara membedakan kenari betina dan jantan

Cara paling jitu berternak kenari untuk pemula yang pertama adalah dengan mengetahui jenis kelamin burung kenari. Cara membedakannya adalah sebagai berikut:

  • Dari bentuk telurnya

Bentuk telur kenari jantan biasanya sedikit oval. Sedangkan telur kenari betina bentuknya lebih cenderung bulat.

  • Bentuk tubuh

Dalam menentukan jenis kelamin burung kenari dapat dilihat bentuk tubuhnya. Kenari jantan biasanya lebih ramping dan tinggi. Sedangkan kenari betina bentuk tubuhnya bulat dan bantet.

  • Kicauannya

Kenari jantan akan lebih banyak berkicau pada umur sekitar satu bulan sedangkan kenari betina lebih banyak diamnya. Mengetahui jenis kelamin burung kenari adalah hal yang paling dasar harus diketahui oleh peternak agar dalam pengembangbiakannya dapat berjalan dengan lancar.

  1. Mempersiapkan kandang

Dalam mempersiapkan kandang, Anda harus memilih lokasi yang aman dari gangguan hewan seperti anjing, kucing, dan semut. Hal ini bertujuan agar burung kenari bisa mendapatkan kenyamanan dan ketenangan sehingga hidupnya bisa lebih panjang.

Untuk mengusir semut, Anda bisa gunakan kapur ajaib sehingga tidak dapat mengganggu burung kenari. Buatlah kandang kenari dengan bahan yang kokoh seperti alumunium. Sebab jika ada celah yang memungkinkan tikus bisa masuk. Maka, burung kenari yang Anda ternakkan dapat mudah di mangsa oleh hewan pengerat tersebut.

  1. Ketahui umur ideal burung kenari untuk diternakkan

Umur yang ideal untuk burung kenari yang siap diternakkan adalah sekitar 6 bulan bagi betina dan 8 bulan bagi pejantan. Namun dengan berpatokan waktu akan sulit untuk mengukurnya. Tetapi, ciri-ciri yang mudah untuk dilihat adalah:

  • Jika burung jantan didekatkan ke burung betina, maka si jantan akan mengejarnya. Dan juga biasanya si jantan akan menabrak-nabrak kandang.
  • Pada kenari betina, ciri-ciri sudah siap dibudidayakan adalah sering mengepakkan sayapnya. Juga telah membangun sarang.
  • Kenari jantan dan betina akan saling melolohkan makanannya jika kandangnya berdekatan. Hal ini sering terjadi pada sore hari.
  1. Proses penjodohan

Cara paling jitu berternak kenari untuk pemula yang selanjutnya adalah mengetahui proses penjodohan. Untuk mengawinkan kenari tidak bisa asal-asalan. Sebab, belum tentu setiap kenari dapat cocok satu sama lain. Dengan penjodohan maka akan diketahui kenari yang cocok sehingga bisa dikawinkan.

Cara menjodohkannya adalah masukkan kenari jantan dan betina pada satu kandang pada sore hari. Sehingga dengan begitu akan meminimalisir kedua kenari saling bertarung. Sehingga pada pagi harinya kedua kenari tersebut dapat berjodoh.

  1. Perhatikan proses pengeraman telurnya.

Proses pengeraman membutuhkan waktu sekitar dua belas sampai empat belas hari. Anda bisa menambahkan kehangatan agar proses pengeraman lebih optimal dengan lampu bohlam yang dayanya 5 watt. Hal tersebut adalah cara paling jitu berternak kenari untuk pemula yang terakhir.

Demikian cara paling jitu berternak kenari untuk pemula. Semoga dapat menjadi informasi yang bermanfaat dan bisa membuat usaha Anda lebih cepat berhasil. Apabila ada kesalahan penulisan dan kata – kata kami mohon maaf, atas perhatian dan partisipasinya dalam mengunjungi web kami, kami ucapkan terima kasih.

Related Post: