Jenis Dan Ciri Burung Kacer Untuk Kontes

Mengikuti kontes bagi para pecinta burung adalah sebuah kegiatan yang menyenangkan. Salah satu pilihan jenis burung yang sesuai untuk kontes maupun sebagai burung rumahan adalah kacer. Diantara banyak jenis burung, kacer menjadi favorit dari banyak pecinta burung karena mudah dalam perawatannya juga makanannya mudah dicari.

Selain mudah dalam perawatan, burung kacer juga memiliki suara yang nyaring dan keras. Hal ini menjadi poin plus tersendiri bagi burung pemakan jangkrik ini. Namun dalam memilih jenis dan ciri kacer untuk kontes tidak bisa sembarangan. Anda harus teliti jika ingin memenangkan kontes burung. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih burung yang potensial untuk mengikuti kontes burung.

Jenis dan ciri burung kacer untuk kontes yang bagus akan dibahas dalam artikel ini. Berikut ulasannya:

  1. Ciri kacer untuk kontes:
  • Jantan

Dalam memilih kacer yang bagus untuk kontes, Anda harus memastikan kacer tersebut berjenis kelamin jantan. Sebab hanya kacer jantan saja yang memiliki suara nyaring, keras, dan merdu. Sebenarnya menentukan jenis kelamin kacer cukup sulit, sebab tidak ada hal yang pasti untuk membedakan keduanya. Namun secara umum kacer jantan memiliki ciri tubuh lebih besar, dan posturnya juga lebih tinggi.

  • Bentuk paruh

Ciri dan jenis burung kacer untuk kontes yang kedua dapat Anda tentukan dari bentuk paruhnya. Cara memilihnya yaitu dengan memperhatikan pangkal paruhnya. Anda harus memilih burung dengan pangkal paruh yang lebih lebar, besar, dan panjang. Selain itu Anda juga harus memperhatikan nafsu makan kacer tersebut. Pastikan kacer yang Anda pilih memiliki nafsu makan yang tinggi. Sebab hal tersebut menandakan bahwa kacer tersebut memiliki kesehatan yang prima.

Hindari memilih kacer yang berparuh bengkok juga lubang hidung yang dekat dengan mata. Hal tersebut menunjukkan bahwa kualitas suara kacer tidak terlalu bagus dan memiliki volume yang kecil.

  • Bentuk kepala

Bentuk kepala kacer yang baik untuk kontes adalah yang kotak serta besar. selain itu yang perlu diperhatikan adalah bentuk mata yang bundar dan besar. Hal ini mencerminkan bahwa kacer tersebut bermental tinggi dan memiliki sifat petarung yang baik.

  • Bentuk badan

Jenis dan ciri burung kacer untuk kontes yang selanjutnya adalah dengan melihat bentuk badannya. Pilihlah kacer dengan ukuran badan yang sedang (tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil) dengan kaki, leher, dan ekor yang tampak proporsional. Hindari memilih kacer yang bentuk tubuhnya membungkuk sebab kualitasnya tidak terlalu bagus.

  • Sayap dan kaki.

Anda perlu memilih kacer dengan sayap yang rapat. Sedangkan kakinya harus bisa mencengkeram dengan sangat kuat. Itulah ciri-ciri sayap dan kaki kacer yang bagus untuk kontes. Hindari memilih kaki kacer yang sisik kakinya lancip. Sebab, kacer yang medang (sisik kakinya lancip) adalah kacer yang sudah berusia tua.

  1. Jenis kacer untuk kontes:
  • Kacer Jawa

Ciri-ciri burung kacer Jawa adalah seluruh badan berwarna hitam, dan bentuk badannya berisi. Biasanya burung kacer Jawa ini banyak dijadikan burung kontes dalam lomba gantangan.

  • Kacer Tasik

Burung kacer ini asalnya dari Tasikmalaya. Suara kacer Tasik sangat nyaring mirip dengan kacer dada putih. Namun ukurannya seperti kacer dada hitam. Ciri-cirinya yaitu memiliki dada putih namun memiliki trotolan hitam.

  • Kacer Kalimantan

Ciri-ciri kacer Kalimantan adalah yang memiliki warna putih di bagian bawah badannya. Mulai dari pangkal leher sampai pangkal ekor. Dan bentuk kepalanya sedikit oval.

Itulah beberapa Jenis dan ciri burung kacer untuk kontes yang dapat Anda jadikan acuan untuk memilih kacer yang sesuai. Sehingga Anda dapat memenangkan kontes tersebut. Sekian info dari kami, kami berharap besar semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda semua yang membacanya, apabila ada kesalahan penulisan dan kata – kata kami mohon maaf, atas perhatian dan partisipasinya dalam mengunjungi web kami, kami ucapkan terima kasih.

Related Post: