Jenis – Jenis Lovebird Lengkap Beserta Gambarnya | Jenis Lovebird

Siapa sih yang tidak tau dengan burung yang sudah popular ini. Yapp Lovebird atau orang lain menyebutnya dengan burung cinta. Burung ini merupaka salah satu burung dari jenis buruang lainnya yang mempunyai warna bulu paling indah dan cantik. Maka dari itu sudah tidak heran lagi jika burung ini banyak dikembangbiakkan atau diternak oleh para penghobi burung, terkadang tidak hanya dijual saja melainkan hanya  demi untuk mencari warna – warna baru yang cantik nan unik. Nah dari warnya itu lah yang mempunyai daya tarik tersendiri untuk burung ini, karena semakin langka warna pada Lovebird, maka harga jualnya pun semakin tinggi serta memiliki nilai aesthetica tersendiri.

Meskipun demikian, pada dasarnya Lovebird hanya terdiri dari sembilan jenis saja, yaitu diantaranya adalah Lovebird Muka Salem (Agapornis roseicollis), Lovebird Topeng (Agapornis personata), Lovebird Nyasa (Agapornis lilianae), Lovebird Pipi Hitam (Agapornis nigrigenis), Lovebird Fischer (Agapornis fischeri), Lovebird Abisinia (Agapornis taranta), Lovebird Madagaskar (Agapornis cana), Lovebird Muka Merah (Agapornis Pullaria), dan Lovebird Kerah Hitam (Agapornis Swinderniana).

Akan tetapi dengan seiring berjalannya waktu, Lovebird sering dikawin silangkan untuk menghasilkan warna mutasi bulu. Dan hasilnya dari beberapa jenis Lovebird yang sering disilangkan untuk menghasilkan warna mutasi antara lain yaitu Lovebird Muka Salem, Lovebird Fischer, dan Lovebird Topeng.

Karena nantinya setiap jenis Lovebirdtersebut akan menghasilkan warna – warna mutasi baru yang beraneka ragam. Seperti halnya, Lovebird Muka Salem dapat menghasilkan banyak varian warna mutasi, di antaranya Lovebird Lutino, Lovebird Australian Cinnamon, Lovebird Biru Pastel, Lovebird Blorok/Pied, dan Lovebird Albino. Sementara itu warna mutasi Lovebird Topeng adalah Lovebird Biru.

Tidak samapai disitu saja, tetapi ada lagi hasil mutasi Lovebird yang lebih mengesankan, yaitu Lovebird Parblue (Partial Blue). Lovebird jenis ini tergolong langka dan dari segi harganya pun langka alias sangat mahal hehhehe :D. Dari yang saya telusuri tentang Harga Lovebird, burung jenis ini yang terlihat cantik dan eksotik bisa dibanderol kisaran antara Rp 15 juta – Rp 20 juta per ekornya. Wahh bisa dapet motor bebek satu yah hahaha 😀

Nah untuk lebih jelasnya lagi, disini saya akan menunjukkan macam – macam jenis Lovebirdtercantik lengkap dengan gambarnya, antara lain yaitu sebagai berikut ini :

  1. Lovebird Muka Salem (Agapornis roseicollis)

Lovebird Muka Salem paling mudah dijumpai di sebelah selatan Afrika, Namibia, dan Angola. Lovebird jenis ini mempunyai postur tubuh yang menawan. Bagian tubuh bagian bawah berwarna hijau kekuningan. Biasanya, bulu dahi dan bagian belakang mata berwarna merah. Lalu, pada bagian pipi, leher, dan dada berwarna pink. Sementara, sayap Lovebird Muka Salem berwarna hijau, tapi bagian ujungnya berwarna kebiruan.

  1. Lovebird Topeng (Agapornis personata)

Sesuai namanya, Lovebird Topeng mempunyai warna gelap di bagian muka. Oleh karena itu, dia dipanggil Lovebird Topeng. Burung ini pertama kali ditemukan di Timur Laut Tanzania dan dibudidayakan pertama kali di Kenya. Lovebird Topeng mempunyai warna dominan hijau. Meski begitu, pada bagian dada biasanya berwarna kuning. Sayangnya, Lovebird jenis ini sangat sulit dibedakan mana jantan dan betina karena keduanya hampir sama.

  1. Lovebird Nyasa (Agapornis lilianae)

Lovebird Nyasa punya nama panggilan lain, yakni Lovebird Lilian. Burung yang memiliki warna bulu dominan hijau ini bila disilangkan akan menghasilkan warna mutasi yang unik, yaitu Lovebird Biru dan Lovebird Lutino. Kalau Anda tertarik, Anda bisa menemukan banyak Lovebird Nyasa di kawasan Tanzania, Malawi, Mozambik, Zambia tenggara dan Zimbabwe Utara.

  1. Lovebird Pipi Hitam (Agapornis nigrigenis)

Kalau dilihat sekilas, Lovebird Pipi Hitam hampir sama dengan Lovebird Topeng. Namun, ternyata setelah diamati dengan saksama, yang berwarna hitam hanya bagian pipinya saja. Untuk bagian tubuhnya, hampir keseluruhan berwarna hijau kekuning-kuningan. Burung seperti ini paling suka tinggal di daerah hutan gugur di dekat perairan dan daerah yang banyak memiliki habitat seperti itu adalah Zambia serta air terjun Victoria, Zimbabwe.

  1. Lovebird Fischer (Agapornis fischeri)

Lovebird Fischer pertama kali ditemukan oleh Gustav Fischer yang berasal dari Jerman. Burung ini nampak begitu cerah dengan perpaduan warna merah, orange, kuning, dan hijau. Lovebird Fischer saat ini cukup banyak dijumpai di Indonesia. Namun, kalau Anda mau menemukannya lebih banyak, Anda bisa berkunjung ke habitat asli Lovebird Fischer, yakni di daerah Afrika bagian timur, tengah, selatan, tenggara, dan di danau Victoria Tanzania utara.

  1. Lovebird Abisinia (Agapornis taranta)

Lovebird Abisinia terlihat agak monoton karena hanya memiliki perpaduan dua warna saja, yakni hijau tua dan hitam. Namun, jangan salah, Lovebird Abisinia termasuk Lovebird yang paling besar di antara Lovebird yang lain. Selain itu, yang membuat Lovebird Abisinia menarik adalah warna dahinya yang berwarna orange kemerahan. Habitat asli burung ini terletak di bagian selatan Eritrea sampai barat daya negara Ethiopia.

  1. Lovebird Madagaskar (Agapornis cana)

Kalau Lovebird Abisinia dikenal sebagai Lovebird paling besar, nah sekarang akan kami perkenalkan dengan Lovebird paling kecil, yaitu Lovebird Madagaskar. Sebenarnya, Lovebird Madagaskar bukan burung yang paling kecil. Hanya saja, ukuran tubuhnya relatif lebih kecil jika dibandingkan dengan teman sebayanya. Bobot tubuhnya saja, sekitar 30 gram. Selain itu, jenis Lovebird yang satu ini juga sangat mudah dikenali karena hanya memiliki kombinasi warna hijau dan abu-abu saja. Burung ini sangat sulit ditemukan di Indonesia karena dia tinggalnya di pulau Madagaskar, Afrika.

  1. Lovebird Muka Merah (Agapornis Pullaria)

Masih ingat dengan Lovebird yang dahinya merah? Nah, kali ini berbeda. Sebab, yang merah bagian mukanya. Mungkin banyak orang menyangka, dia termasuk tipe burung pemalu, namun sebenarnya Lovebird Muka Merah tidak demikian. Sejak lahir bagian muka dan dahinya sudah berwarna merah. Kalau tubuhnya rata-rata berwarna hijau kekuning-kuningan. Populasi Lovebird Muka Merah bisa ditemukan di daerah pesisir pantai Afrika tengah hingga bagian barat Ethiopia.

  1. Lovebird Kerah Hitam (Agapornis Swinderniana)

Lovebird Kerah Hitam termasuk burung Cinta yang langka. Burung ini dapat dikenali dari bagian kerahnya yang berwarna hitam dan lehernya yang berwarna kecoklatan. Namun, yang paling dominan adalah warna hijau. Di samping itu, ukuran tubuhnya hampir sama dengan Lovebird Madagaskar. Meski begitu, tetap saja, yang terkecil adalah Lovebird Madagaskar. Kalau ingin berjumpa dengan Lovebird Kerah Hitam, Anda bisa mengunjungi bagian khatulistiwa negara Afrika.

  1. Lovebird Pastel

Lovebird Pastel sering kali menjadi burung incaran para penggemar Lovebird. Pasalnya, warna bulunya cenderung lebih kalem atau soft jika dibandingkan dengan yang lain. Bila biasanya warna Lovebird itu hijau tua dan kuning, maka Lovebird Pastel akan tampil dengan warna hijau muda dan kuning muda. Meski begitu, ada Lovebird yang warnanya lebih muda dari Pastel, yakni Dilute. Lovebird jenis Dilute sering disebut dengan Lovebird yang memiliki warna bulu yang telah mencair. Nah, Lovebird Pastel yang paling umum dijumpai di Indonesia antara lain, Lovebird Pastel Ijo (Pasjo), Lovebird Pastel Kuning (Paskun), Lovebird Pastel Biru (Pasblue).

  1. Lovebird Cobalt

Lovebird Cobalt lebih dikenal masyarakat dengan Lovebird berwarna biru. Sebab, hampir keseluruhan bagian tubuhnya berwarna biru (telur asin). Hanya bagian kepala hingga leher yang berwarna abu-abu. Namun, ada jenis burung lain yang mirip dengan Lovebird Cobalt, yakni Lovebird Biru Violet. Lovebird jenis ini sama-sama memiliki bulu berwarna biru, hanya saja bagian kepalanya berwarna hitam lengkap dengan kaca mata yang indah. Kemudian bagian leher dan dada Lovebird Biru Violet biasanya berwarna putih.

  1. Lovebird Batman

Pernah mendengar jenis Lovebird Batman? Seperti namanya, Lovebird ini memiliki warna yang cenderung gelap yaitu abu-abu dan putih. Meski tidak sepenuhnya berwarna gelap atau hitam, tapi banyak penggemar burung yang menyebutnya Lovebird Batman. Kalau sudah dewasa, Lovebird Batman akan terlihat seperti Batman sungguhan. Pasalnya, bagian sayapnya telah berubah menjadi hitam pekat.

Sekian info dari kami mengenai Beberapa Jenis Lovebird Beserta Gambarnya, kami berharap besar semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda semua yang membacanya, apabila ada kesalahan penulisan dan kata – kata kami mohon maaf, atas perhatian dan partisipasinya dalam mengunjungi web kami, kami ucapkan terima kasih. Dari ulasan saya tersebut, jika anda mempunyai burung lovebird dan kedepatan sedang sakit, janga khawatir. Mari simak postingan saya sebelumnya yang berjudul Cara Mengatasi Burung Lovebird yang Sakit

 

 

 

Related Post: