Tips dan Cara Mengatasi Lovebird Pilek / Sakit Flu (Snot) Untuk Pertolongan Pertama

Bagi sebagian anda para pecinta burung jika melihat burung kesayangan anda sakit pasti akan panik dan kemudia mecari solusi bagai mana cara penyembuhannya. Pada kali ini kami tekhusus ingin membahas tentang Tips dan Cara Mengatasi Burung Lovebird Pilek / Sakit Flu (Snot). Burung Lovebird sudah  menjadi salah satu burung favorit untuk dipelihara. Jika kita lihat dari bentuknya yang cantik maka membuat banyak orang suka memeliharanya.

Sama halnya dengan manusia, burung lovebird yang kita pelihara juga bisa terserang penyakit, salah satu jenis penyakit yang sering diderita oleh burung lovebird ialah pilek atau flu. Maka dari itu lah disini kami akan mengulas Tips dan Cara Mengatasi Burung Lovebird Pilek / Sakit Flu (Snot).

Biasanya pada saat musim penghujan tiba, tidak jarang burung lovebird terkena penyakit flu atau pilek. Dalam kondisi ini tentu saja memerlukan penanganan segera mungkin agar burung lainnya tidak tertular dan mengalami penyakit yang samajuga. Selain membawa burung lovebird tersebut keklinik hewan, anda juga bisa melakukan beberapa penanganan sendiri di rumah sebagai pertolongan pertama.

Kira – kira bagaimana Tips dan Cara Mengatasi Burung Lovebird Pilek / Sakit Flu (Snot)?

Beriku ini adalah Tips dan Cara Mengatasi Burung Lovebird Pilek / Sakit Flu (Snot). Beberapa tips dan cara mengatasi burung lovebird pilek atau flu yang bisa anda coba sendiri di rumah dianatanya :

  1. Perhatikan Untuk Penempatan Sangkar Burung

Perawatan yang pertama adalah terkait dengan sangkar burung. Perhatikan dimana anda menempatkan sangkar burung lovebird. Sebaiknya sementara waktu hindari agar sangkar jauh dari lubang sirkulasi udara seperti pintu, ventilasi, atau pun AC. Namun Anda tetap boleh meletakan sangkar burung ini di teras rumah, dengan catatan anda harus menutupnya dengan kredong apabila burung akan beristirahat.

  1. Tempatkan Burung Lovebird Pada Tempat Khusus

Langkah penanganan berikutnya adalah dengan meletakkan burung pada tempat khusus, hal ini bertujuan untuk meminimalisir menularnya pilek pada burung yang lainnya. Selain itu juga pemindahan ini juga berguna untuk mempercepat proses penyembuhan, karena dengan cara ini burung akan lebih mudah untuk beristrahat dengan efektif.

  1. Pemberian Makanan Yang Berkualitas

Anda juga harus memperhatikan kualitas makanan yang dikonsumsi oleh burung lovebird anda. Sebagai pecinta burung  yang baik anda haruslah memberikan burung ini pakan yang berkualitas dan memiliki gizi yang baik pula. Anda juga bisa menambahkan makanan tambahan seperti buah dan sebagainya untuk menambah nutrisi burung, akan tetapi dalam memilih buah tersebut anda sebaiknya cermat serta hati – hati untuk menghindari burung dari keracunan.

  1. Menyedot/Menghilangkan Ingus Pada Burung

Anda juga bisa menyedot ingus burung. Untuk melakukan cara ini anda perlu menggunakan spet, setelah itu anda bisa memberikan obat Spektra sebanyak 4 tetes pada mulut burung. Obat ini berfungsi untuk mengeluarkan ingus atau lendir yang ada pada tenggorokan dan hidung burung.

  1. Memberikan Asupan Multivitamin Burung

Jangan lupa juga untuk memberikan asupan  multivitamin. Anda bisa mencari multivitamin burung lovebird di toko burung atau pertanian terdekat. Anda juga bisa memberikan multivitamin ini setiap hari selama proses penyembuhan. Selain itu anda juga bisa memberikan multivitamin ini untuk pencegahan.

Demikianlah Tips dan Cara Mengatasi Burung Lovebird Pilek / Sakit Flu (Snot) yang bisa anda lakukan sendiri di rumah. Jika burung anda masih tetap saja flu, sebaiknya bawa ke klinik hewan terdekat atau konsultasikan kepada pakar burung yang ada di sekitar anda. Sekian info dari kami mengenai Cara Mengatasi Lovebird Pilek / Sakit Flu (Snot), apabila ada kesalahan saya mohon maaf, atas perhatian dan partisipasinya dalam mengunjungi web kami, kami ucapkan terima kasih.

Related Post: