Tips Paling Ampuh Merawat Burung Pleci Agar Cepat Gacor

Kecil-kecil bersuara lantang, inilah burung pleci yang memiliki suara lantang dari paruhnya. Tak hanya suaranya yang bisa diunggulkan, burung mungil yang satu ini mempunyai ragam jenis warna bulu yang berbeda di berbagai daerah. Burung pleci juga mampu menirukan suara yang bersumber dari burung lain. Akan tetapi untuk membentuk suara yang di maksud perlu perawatan tersendiri. Berikut tips paling ampuh merawat burung pleci agar cepat gacor.

Merawat burung pleci sebenarnya tidak begitu sulit, hanya membutuhkan ketelatenan dan ketelitian tersendiri. Untuk bisa membuat burung ini membuka paruhnya tidaklah mudah, Anda membutuhkan beberapa waktu agar burung bisa menirukan kicauan burung lain. Jadi intinya Tips paling ampuh merawat burung pleci agar cepat gacor adalah perawatan yang telaten.

Memiliki burung pleci dengan kicauan yang lantang tentu merupakan kebanggaan tersendiri bagi para pegiat dan pecinta burung. Tidak heran jika Anda ingin membeli burung ini di pasar pasti harganya akan cukup mahal, karena kebanyakan burung pleci yang dipasarkan adalah burung yang sudah terlatih berkicau lantang. Berbeda dengan burung pleci hasil tangkapan dari hutan yang cenderung tidak bersuara, sehingga harganya pun masih rendah.

Namun bagi Anda yang ingin melatih suara burung pleci tangkapan agar mempunyai nilai harga yang bagus, simak beberapa tips paling ampuh merawat burung pleci agar cepat gacor berikut ini:

  1. Hentikan Pakan Berupa Buah – Buahan.

Untuk membuat burung pleci membuka paruh Anda harus menghentikan pakan buah, ganti pakan pleci dengan ulat kandang. Setengah mangkok kecil ulat kandang bisa membuat burung pleci berkicau lantang. Untuk mendapatkannya Anda bisa mencari di kandang peternakan ayam atau membelinya di toko yang menjual pakan burung.

  1. Melatih Sifat Alamiah Burung di dalam Sangkar.

Ketika berada di dalam sangkar secara mendadak tentu akan berpengaruh bagi naluri burung. Maka yang perlu Anda lakukan melatih burung agar terbiasa dengan sangkar, caranya ikuti kebiasaan burung ketika di alam bebas. Pada umumnya semua burung akan bertengger pada sebuah pohon dan berkicau ketika pagi, jadi letakkan burung pada posisi yang tinggi di luar ruangan sekitar pukul 05.00 – 07.00 pagi.

Kemudian mandikan burung dengan menggunakan semprotan atau sediakan air yang telah dicampur dengan sampo khusus sebagai desinfektan pembunuh kuman. Setelah Anda mandikan, keringkan burung pleci di bawah sinar ultra violet langsung. Hal ini akan bisa dengan mudah merangsang pleci untuk membuka paruh. Yang harus Anda ingat, jangan menjemur burung pleci lebih dari 10 jam, karena bisa membahayakan kesehatan burung.

  1. Memberi Asupan Gizi yang Baik.

Selain pakan burung yang harus di jaga, tips paling ampuh merawat burung pleci agar cepat gacor adalah memberikannya vitamin.

Kesehatan burung sangat berpengaruh pada pernafasan burung, jika burung dalam keadaan fit, maka kicauannya akan lebih lantang dan lebih keras. Maka dari itu Anda perlu memberinya susu kental manis pada siang hari dan 50 ml air yang di campur dengan 5 tetes vitamin burung Ebod Vit sebagai persediaan minuman.

  1. Melatih dan Merangsang Paruh.

Kerodong sangkar menggunakan kain berwarna gelap, taruh di tempat yang sejuk, putarkan suara-suara burung menggunakan MP3 dengan volume agak keras selama kurang lebih 15 menit. Hal ini bisa membuat burung mulai berlatih membuka paruh. Tidak perlu membuka kerodong pada malam hari. Anda cukup gantung sangkar di tempat yang lebih tinggi saja.

Demikian tips paling ampuh merawat burung pleci agar cepat gacor. Lakukan langkah-langkah di atas secara berulang hingga burung membuka paruh. Setelah burung sudah berkicau lantang, Anda bisa mengganti pakan burung dengan pisang juga voer. Semoga bermanfaat. Apabila ada kesalahan penulisan dan kata – kata kami mohon maaf, atas perhatian dan partisipasinya dalam mengunjungi web kami, kami ucapkan terima kasih.