Tips & Trik Jitu dalam Ternak Burung Kenari yang Baik dan Benar

Sebenarnya di negara kita itu banyak keanekaragamana flora dan fauna yang tidak lagi terhitung jumlahnya. Salah satu contohnya yaitu fauna yang ada di negara kita yaitu unggas. Sudah sejak dahulu unggas menjadi salah satu penopang kehidupan manusia. Ada yang digunakan sebagai makanan (konsumsi) dan juga ada yang dijadikan sebagai hewan peliharaan.

Salah satu unggas yang menjadi incaran para kolektor adalah burung kenari. Burung kenari menjadi salah satu burung primadona yang amat banyak peminatnya, sehingga tidak jarang juga para petani banyak yang membudidayakan burung kenari ini. Bahkan budidaya burung kenari ini juga bisa menjadi salah satu ladang penghasilan yang menjanjikan. Untuk bisa memperoleh laba yang maksimal, maka dalam proses pembudidayaan harus mengetahui lebih detail tentang bagaimna Tips & Trik Jitu dalam Ternak Burung Kenari yang Baik dan Benar.

Tidak heran mengapa banyak orang – orang yang suka dengan burung ini, selain karena dari bentuknya yang cantik juga dari segi suaranya yang amat merdu, membuat siapapun yang mendengarkan kicauannya pasti akan merasa nyaman dan damai. Untuk anda yang ingin membudidayakan kenari atau ingin berkecimpung dalam bisnis kenari, anda harus mengetahui cara ternak kenari secara rinci, mulai dari pemilihan bibit, penentuan jenis kelamin, karakteristik bawaan, sampai saat mereka kawin. Berikut Ini Adalah Tips & Trik Jitu dalam Ternak Burung Kenari yang Baik dan Benar. Kali ini kami akan mengupas secara rinci mengenai cara ternak kenari yang benar, terutama untuk pemula, berikut ini panduannya :

Karakteristik Burung Kenari

Pertama cara yang harus kita lakukan dalam menernak burung kenari adalah mengenal lebih dalam mengenai karakteristik burung kenari, berikut ini tipikal burung kenari yang harus anda ketahui :

Mudah Terangsang

Tipikal burung kenari yang pertama adalah mudah terangsang, jadi sebaiknya anda jangan memelihara satu jenis burung, karena dia pasti akan tersiksa, sama seperti anda kalau jomblo bertahun-tahun apalagi kalau usia sudah hampir 30 tahun, pastilah resah dan geliha, begitu juga kenari. Hehehe 😀

Burung ini sangat mudah sekali terangsang atau birahi, terutama untuk burung jantan. Nah, karena burung ini sangat mudah birahi, maka pembudidaya akan lebih mudah dan juga cepat, satu laki-laki bisa melayani beberapa betina.

Burung Petarung

Karakteristik burung kenari selanjutnya adalah, di alam, burung kenari merupakan burung petarung, selain itu, kicauannya yang indah dengan suara melengking sebagai pembuktian bahwa burung ini ingin diakui kejantanannya. Nah, karena kicauan burung ini yang melengkinglah yang membuat para kolektor kepincut untuk memilikinya.

Mudah Dijinakkan

Tipe burung kenari yang selanjutnya adalah sangat mudah dijinakkan. Jika burung ini sudah kenal dengan majikannya dikarenakan sering merawatnya, memberi makan, minum, maka burung ini biasanya akan berkicau dengan keras saat bertemu majikannya. Selain dari itu burung ini juga sangat mudah beradaptasi dan mengenali sang majikannya.  Karakter inilah yang dimiliki oleh burung kenari yang tidak akan kita temukan dari jenis burung yang lain.

Tidak Mudah Stres

Karakter burung kenari yang sangat disukai oleh breeder adalah tidak gampang stress, beda dengan kita yang banyak hutang, pasti rentan terhadap stress, maka dari itu untuk menghilangkan stress kita pelihara burung. Meskipun burung kenari pindah sana-sini, namun tetap saja tidak mudah stress. Meskipun pindah sana-sini, burung ini akan terus tetap berkicau, inilah salah satu alasan para peternak burung atau breeder menyukai jenis burung kenari.

Mudah Beradaptasi

Kalau tadi sudah saya jelaskan bahwa burung ini sangat mudah mengenali empunya, meskipun burung ini jenis burung endemik dari Afrika dan Eropa. Namun karena kemampuannya beradaptasi di lingkungan baru, maka burung kenari sangat layak untuk diternakkan sekaligus dipelihara.

Bedakan Antara Kenari Betina Dan Jantan

Bagi breeder, mengetahui jenis kelamin kenari adalah prasyarat khusus.Kalau bagi pembudidaya burung kenari, mengetahui jenis kelamin menjadi hal wajib yang mesti anda miliki. Didalam Tips & Trik Jitu dalam Ternak Burung Kenari yang Baik dan Benar kita juga harus mengetahui cara membedakan kenari betina dan jantan. Berikut ini cara membedakannya:

Bentuk Telur

Sebelum menetas, kita bisa memprediksi dengan akurat bahwa telur jantan pada umumnya memiliki bentuk lonjong atau oval sedangkan kenari betina mempunyai bentuk agak bulat.

Bentuk Tubuh

Kalau dilihat dari bentuk tubuhnya,  kenari jantan secara kasat mata bentuknya lebih langsing dan ramping dengan bentuk tubuh memanjang, sedangkan kenari betina biasanya bentuknya bulat atau buntek.

Kicauan Kenari

Jika kita dengar dari segi kicauannya, kenari jantan yang berumur ± 1 bulan, biasanya akan terus mengoceh. Sedangkan kenari betina lebih banyak diam. Seiring berjalannya waktu, anda dapat memahami burung tersebut secara insting dan akan libih mudah membedakana antara kenari jantan dan kenari betina. Dengan membedakan antara betina dan jantan, maka anda sudah selangkah menuju Tips & Trik Jitu dalam Ternak Burung Kenari yang Baik dan Benar. Hal selanjutnya dalam ternak burung kenari adalah

Persiapan Kandang

Pemilihan kandang juga menjadi salah satu hal yang penting dalam ternak kenari. Hal yang harus anda perhatikan adalah kandang yang akan anda jadikan sebagai rumah bagi kenari harus bebas dari gangguan pemangsa. Untuk mensiasati hewan-hewan pengganggu seperti semut, serangga atau hewan kecil lainnya anda bisa menggunakan kapur ajaib. Untuk sangkar burung yang besar, sebaiknya anda  olesi oli pada tiap-tiap kaki kandangnya. Untuk mencegah serangan dari tikus, bisa menempatkan sangkar pada dinding. Namun terkadang tikus pun bisa melewati celah yang kita buat, solusinya dengan memakai kandang yang kokoh terbuat dari bahan alumunium. Walaupun sebenarnya tikus hanya mau mengambil pakan kenari namun kita tidak boleh lengah, karena bisa saja tikus memangsa kenari kita.

Usia Kenari Yang Ideal Untuk Diternak

Bagi anda yang ingin terjun dalam ternak kenari, perlu anda ketahui bahwa usia ideal kenari untuk dibudidayakana adalah 6 bulan untuk kenari betina dan usia 8 bulan bagi kenari jantan. Namun untuk kenari yang bertubuh besar seperti Kenari Yorkshire, usia minimal adalah 1 tahun. Karena Yorkshire lebih lama masa menuju birahinya. Pada usia sedang, tidak terlalu tu atau muda, biasanya betina siap bertelur dan jantan siap membuahi.

Ciri-ciri Kenari Siap Diternak

Dalam rentang 6 bulan untuk betina dan 8 bulan untuk pejantan, kita juga harus melihat secara kasat mata bagaimana ciri-ciri dari kenari tersebut, apakah siap untuk dibudidayakan atau tidak, secara umum berikut ini ciri-ciri kenari yang siap dibudidayakan:

  • Pertama, apabila burung kenari jantan didekatkan ke kenari betina, maka si jantan akan mengejar-ngejar si kenari betina dan biasanya akan menabrak kandang ternak burung kenari dengan suara yang keras.
  • Untuk kenari betina, biasanya menggeleparkan sayapnya, maka pertanda si betina mau untuk dikawinkan. Pada sore hari akan terlihat kedua kenari jantan dan betina saling melolohkan makanan (posisi kedua kandang berdekatan). Apabila si burung kenari betina sudah mulai membangun sarang, maka bisa dipastikan si betina siap ternak.

Nah, jika kita sudah melihat ciri-ciri seperti di atas, maka burung kenari tersebut sudah siap untuk kita budidayakan lebih lanjut.Bagaimana? Sudah cukup jelas bukan untuk cara ternak kenari? Mari kita persiapkan kandang dan peralatan yang dibutuhkan.

Proses Menjodohkan Burung Kenari

Cara ternak kenari yang tidak kalah penting adalah proses perkawinan. Setelah kita mengetahui ciri-ciri kenari yang siap kawin, kini saatnya kita untuk menjodohkan mereka. Proses menjodohkan kenari yaitu kenari jantan dan betina di tempatkan pada sangkar yang berbeda. Namun kedua sangkar tersebut harus ditaruh pada posisi yang berdekatan. Salah satu kesalahan ternak kenari yang sering terjadi yaitu para peternak pemula buru – buru memasukkan kenari jantan dan betina ke dalam satu wadah.

Biasanya karena kurang mengetahui dan terlalu buru-buru dalam mengawinkan kenari, banyak breeder yang gagal untuk mengawinkan burung ini. Karena kenari dan betina belum pasti cocok satu sama lain. Dengan adanya proses penjodohan (menaruh kandang kenari secara berdampingan), maka kita dapat mengetahui kesiapan kenari untuk dikawinkan.

Jika kedua kenari tidak cocok kita masukkan dalam satu sangkar, maka kedua kenari tersebut akan ‘cekcok’. Apabila terjadi perkelahian diantara kedua kenari berlangsung lama dan salah satu kenari kalah, maka kita akan kesulitan dalam menjodohkan kedua kenari tersbut kedepannya. Apalagi jika kenari yang kalah adalah kenari jantan, maka si jantan akan trauma dan tidak berani mendekat pada betina. Bisa dibilang kalau terjadi hal seperti itu, maka penjodohan kenari kita gagal 70% untuk kedepannya.

Pada umunya menyatukan kedua kenari agar berjodoh yaitu pada sore hari agar hasil lebih optimal. Maksud dari menyatukan kenari pada sore hari adalah agar pada malam hari kedua kenari tersebut sudah tenang dan rukun, sehingga pagi hari sudah berjodoh. Karena setelah kenari itu berjodoh maka akan meminimalisir resiko kenari yang bertarung dan saling melukai. Meski begitu pemantauan secara berkala tetap perlu dilakukan, karena kenari dapat bertarung kapan saja tergantung kecocokan.

Tidak ada aturan baku untuk beternak kenari. Kita boleh menyatukan kedua kenari kapan saja asal sudah memenuhi persyaratan diatas.Namun banyak ahli ternak kenari yang menyatukan kedua kenari pada sore hari agar hasil lebih optimal.Maksud untuk menyatukan kenari pada sore hari adalah supaya pada malam hari kedua kenari tersebut sudah tenang dan rukun, sehingga pagi hari sudah berjodoh. Karena setelah kenari itu berjodoh maka akan meminimalisir resiko kenari yang bertarung dan saling melukai. Meski begitu pemantauan secara berkala tetap perlu dilakukan, karena kenari dapat bertarung kapan saja tergantung kecocokan.

Setelah kedua kenari tersebut terlihat rukun, kita harus memperhatikan isi sarang si betina.Ambil dan gantilah sarang yang kotor dengan yang bersih. Dan sebagian isi sarang kita simpan di dasar sangkar, karena biasanya isi sarang yang ada di dasar sangkar akan dipindah kembali ke dalam sarang. Untuk merapikan sarang agar terlihat elok, biasanya kenari betina suka mencabuti bulu halus kenari jantan atau bulu halus dari kenari betina sendiri. Jika di dalam sarang sudah ada bulu-bulu halus, maka pertanda tidak lama lagi induk betina akan bertelor. Untuk mempercepat proses bertelor dan mengurangi resiko luka karena bulu halus dicabuti, kita bisa memasukkan kapas halus ke dalam sangkar secukupnya sebagai pengganti bulu halus tersebut.

Cara Meningkatkan Birahi Kenari

Supaya kenari kita lebih gress, maka perlu mendapatkan perlakuan khusus, seperti :

  •     Perbanyak makanan bergizi, seperti telor puyuh, vitamin dan lainnya
  •     Jemur kenari pada pagi hari untuk menjaga kesehatan dan mencegah stres
  •     Selama dijemur dekatkan kedua kandang kenari jantan dan betina, supaya birahi kenari betina segera naik
  •     Apabila Anda memiliki lebih dari satu pejantan bisa mencoba mendekatkan ke kenari betina untuk melihat bagaimana kecocokannya

Kita jemur burung kenari kita setiap pagi hari, karena matahari pagi sangat baik untuk kesehatan dan menurunkan tingkat stress burung.Pada saat menjemur, kita usahakan kita dekatkan terus dua kenari yang sedang dijodohkan. Jika kita mempunyai kenari jantan yang lain, sekali sekali boleh kita jemur bersama dengan jantan lainnya, tujuannya agar birahi kenari betina dapat meningkat.

Proses Pengeraman Telur Kenari

Untuk sampai menetas, kenari membutuhkan waktu sekitar 12-14 hari bergantung pada keadaan cuaca. Untuk mengoptimalkan proses penetasan anda bisa memberikan kehangatan buatan melalui cara memberikan lampu bohlam 5 watt. Untuk proses penetasannya pada umumnya akan dilakukan secara bergantian satu telur setiap harinya. Kami sangat menganjurkan Anda untuk memisahkan indukan kenari jantan supaya tak mengganggu proses pemberian pakan oleh indukan betina. Namun demikian, apabila indukan kenari jantan tidak mengganggu maka dapat tetap kita ditempatkan di kandang.

Perlu sama-sama kita ketahui, tidak ada aturan baku mengenai Tips & Trik Jitu dalam Ternak Burung Kenari yang Baik dan Benar, semua tergantung dari pengalaman dan trial error di lapangan, semakin banyak pengalaman kita maka kemungkinan untuk sukses akan semakin besar.

Bagaimana? Apakah anda tertarik untuk membudidayakan burung kenari? Sekian info dari kami mengenai Tips & Trik Jitu dalam Ternak Burung Kenari yang Baik dan Benar semoga bermanfaat untuk anda semua, apabila ada kesalahan saya mohon maaf, atas perhatian dan partisipasinya dalam mengunjungi web kami, kami ucapkan terima kasih.

Related Post: